Doa Kesembuhan Diri Sendiri yang Diajarkan Rasulullah SAW

Doa Kesembuhan Diri Sendiri

Doa Kesembuhan Diri Sendiri


Dalam Hadis yang Sahih, ditegaskan bahwa Allah tidaklah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya. Selain upaya berobat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan doa agar sembuh dari sakit. Doa ini termasuk bacaan Ruqyah sederhana yang dapat diamalkan oleh penderita yang sakit karena doanya tergolong pendek. Caranya adalah dengan memegang bagian tubuh yang sakit, kemudian membaca "Bismillah" sebanyak 3 kali dan melanjutkan dengan membaca doa berikut sebanyak 7 kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ 

A'uudzu bi 'izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir 

Artinya: "Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." 

Berikut Dalilnya:

 وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ 

Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim, dari Utsman bin Abil 'Ash bahwa ia mengadu kepada Rasulullah perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah صلى الله عليه وسلم lalu mengatakan kepadanya: "Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali 'BISMILLAH', Lalu bacalah tujuh kali, 'A'UDZU BILLAHI WA QUDROTIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU'. (HR Muslim) Imam An-Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa disunnahkan meletakkan tangan di bagian yang sakit lalu membaca doa sebagaimana yang disebutkan di atas. (Syarh Shahih Muslim)
20240622

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia LBI Nomor Soal 004 LBI-004 UTBK SNBT

Lebih 141 Bahasa Resmi Negara di Dunia

Pencegahan Pneumonia: Pahami Penyebab dan Faktor Risikonya untuk Kesehatan Paru-paru dan Kesehatan Keluarga